Antara Karir dan Kuliah

Posted on 28/06/2010

0


Diawal perkuliahan animo yang memberi energi agar terus hadir disetiap kelas jam perkuliahan. Aktivitas yang padat dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliah, memperbaiki kembali catatan setelah usai jam perkuliahan adalah kegiatan rutin sebagai wujud refleksi dari tanggung jawab pribadi atas amanah pendidikan mengukir masa depan agar menjadi lebih baik.

Seiring bergulirnya waktu, kejenuhan mulai merambah semangat kuliah. Jam perkuliahan banyak yang ditinggalkan, bolos bersama-sama teman-teman dengan dalih melepas stress. Disamping itupula kegiatan organisasi ekstern yang demikian padat mengusung aspirasi rakyat yang tertindas karena terhalang oleh tabir pembodohan terang-terangan yang dilakukan oleh insan politis untuk meraup rupiah diatas penderitaan rakyat, sebagai mahasiswa yang refresentatif seyogyanya berteriak lantang, membongkar kebobrokan tersebut. Kegiatan tersebut menguras space jam perkuliahan yang telah diestimasikan sebelumnya. Otomatis memberi pengaruh pada masa tuntas kuliah. Selain itu juga mempengaruhi konsentrasi terhadap fokusasi pada mata perkuliahan.

Eksistensi dan keinginan untuk mengasah potensi diri dibangku perkuliahan adalah upaya yang paling tepat. Sebab pola pembelajaran yang terhitung beda dengan methode pengajaran tatkala masih duduk dibangku SMA/SMEA(atau yang sederajat). Partisipasi dalam sebuah organisasi adalah cara yang efektif dalam upaya mematangkan pribadi menuju pola pikir yang jauh lebih dewasa. Pergaulan dengan ragam lapisan masyarakat memberi kesempatan mengenal varian karakter sehingga kemampuan memahami orang lain lebih baik.

Organisasi adalah aktifitas positif diluar jam perkuliahan. Sebuah aktifitas yang mengasah kemampuan mahasiswa menjadi lebih powerfull. Namun harus tetap konsisten pada tujuan awal, kuliah merupakan prioritas utama. Semakin asyik dan larut dalam aktifitas di organisasi semakin lama waktu tuntas kuliah. Ingat apalagi biaya kuliah masih dibawah tanggungan orang tua, semakin cepat lulus semakin efektif masa perkuliahan, semakin lama masa tuntas kuliah semakin besar beban orang tua dalam membiayai kost perkuliahan.

Posted in: Pikiran